Sunday, September 17, 2006

Nyugakushiki

Setelah menamatkan pendidikannya di yochien, anak-anak Jepang akan melanjutkan ke tingkat Sekolah Dasar atau shougakkou. Tidak seperti di Indonesia, tahun ajaran baru di Jepang dimulai pada bulan April. Biasanya bertepatan dengan musim bunga Sakura. Hampir di setiap sudut shougakkou ada pohon Sakura.

Yang agak unik dari upacara permulaan sekolah ini adalah pakaian yang dikenakan oleh murid baru dan orangtua. Mereka memakai pakaian yang sangat resmi. Anak perempuan memakai rok atau setelan two pieces. Anak laki-laki memakai setelan jas lengkap dengan dasinya. Demikian pula dengan orangtuanya.

Di dalam sekolah, anak-anak akan duduk berdasarkan urutan kelasnya atau kumi. Dalam acara nyugakushiki mereka akan diperkenalkan kepada kepala sekolah (koucho sensei), guru kelas masing-masing, serta guru-guru lain. Karena di setiap sekolah disediakan kyushouku (makan siang di sekolah), maka ada seorang guru khusus yang bertugas menyusun menu dan mengkoordinir kyushouku tersebut. Sekolah juga mempunyai seorang perawat yang bertugas untuk merawat anak yang sakit atau terluka di sekolah.

Setelah upacara resmi permulaan sekolah selesai, anak-anak memasuki ruang kelas bersama guru kelas masing-masing. Di dalam kelas guru membagikan semua perlengkapan sekolah termasuk buku-buku pelajaran. Guru juga memberikan sedikit penjelasan mengenai kegiatan belajar di kelas. Setiap murid akan memiliki buku penghubung antara guru dan orangtua yang disebut renrakuchou, yang harus dibawa setiap hari.

Oh ya, ada satu hal lagi yang unik dari nyugakushiki. Anak-anak baru akan memakai tas ransel khas yang berbentuk kotak dan agak kaku. Namanya randoseru. Anak perempuan biasanya memakai randoseru berwarna merah dan anak laki-laki memakai warna hitam. Namun belakangan ini banyak dijual randoseru berbagai macam warna. Ada biru muda, hijau muda, kuning, merah muda, dan warna-warna cerah lainnya. Tas ini harganya mahal, bervariasi dari 10.000 yen sampai 80.000 yen. Tas ini juga berasuransi, sehingga akan mendapat penggantian jika rusak selama masa asuransi. Jadi tinggal pilih saja sesuai kemampuan. Anak-anak Jepang biasanya mendapat randoseru dari kakek atau nenek sebagai ucapan selamat memasuki sekolah baru.

ichinensei ni nattara...
ichinensei ni nattara...
tomodachi hyakunin dekiru kana
hyakunin de tabetaina
fujisan no uede onigiri o
pakkun pakun pakkunto...

No comments: